Teknologi 5G sedang di ciptakan: ini adalah jaringan masa depan

network

Diluar teknologi jaringan 4G saat ini para ahli sedang mengembangkan generasi kelima dari jaringan 4G yaitu 5G, yang akan memiliki kecepatan yang jauh melebihi dari jaringan 4G atau LTE. Seberapa cepat 5G?

Perkiraan beberapa tahun terakhir, beberapa pelaku industri yang ada saat ini dapat memberikan kita gambaran kecepatan 5G diklaim dari 7.5Gbps dari Samsung dan 10Gbps dari Nokia. Namun, semua tes ini dilakukan dalam kondisi laboratorium. Pada tes yang dilakukan oleh Huawei China dan jaringan NTT DoCoMo Jepang,  telah berhasil mencapai kecepatan data puncak 3.6Gbps menggunakan sebuah band sub-6GHz, berarti sekitar 12 kali lipat lebih dari kecepatan 4G.

Selain kecepatan baku, manfaat utama lainnya dari 5G akan rendah latency dan kapasitas tinggi. Latency rendah berarti bahwa tidak hanya akan men-download dan kecepatan upload cepat, tapi waktu respon untuk memulai transfer data akan sama cepat. Jedanya hanya seperti menekan pada Netflix dan 4K mulai streaming ke telepon Anda, dengan kata lain. Manfaat lain yaitu mengatasi kekurangan/kritis bandwidth.

network

Sebagian orang memperkirakan tahun 2020 merupakan roll-out awal untuk teknologi jaringan 5G.Huawei sendiri sebagai pengembang seluler, ingin mengembangkan standar 5G bisa diterapkan pada tahun 2018 meskipun tentu saja itu tidak berarti roll-out akan terjadi pada waktu itu. Adapun konsensus Inggris tampaknya bahwa kita bisa memiliki jaringan 5G terbatas dan berjalan pada tahun 2020. Dalam semua kemungkinan, sebagian besar dari kita tidak akan melihat simbol 5G baru bermunculan di ponsel kita sampai jauh melampaui 2020.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s